Info Otaku: Mengenal Lebih Dalam Tentang Waifu, Dan Apa Fungsinya Bagi Para Otaku!

Tolong klik ikuti dulu sebelum membaca, karena dengan mengikuti, kalian bisa terus melihat artikel dari Coretanime serta mendukung Coretanime dalam membuat artikel yang berkualitas^^


Referensi pihak ketiga
Yoo kalian para pecinta 2D, dan juga para pecinta Pico dimanapun kalian berada
Kali ini, rubrik "Info Otaku" akan membahas tentang Waifu
Karena itu
BACA SAMPAI ABIS!

Akhir-akhir ini di dunia maya khususnya di media sosial dan blog-blog para pecinta manga dan anime, banyak ditemuin debat kusir tak berujung serta kata-kata yang tak pantas dibaca. Ternyata disitu para otaku banyak ber-adu WAIFU mereka dengan cara saling membully satu sama yang lain. Mereka sama-sama tidak mau mengalah dan menganggap WAIFU mereka itu yang paling the best. Semestinya sih jangan ada kejadian seperti itu apalagi punya hobi yang sama.

Referensi pihak ketiga
Tapi tetep aja, Maki yang terbaik!
because obviously mai waifu is better than yours.
Nah, bagi kalian yang sudah sering menonton anime dan suka baca-baca artikel anime sudah pasti tidak asing lagi kan dengan istilah WAIFU ini. Yuk mari kita bahas secara mendalam apa sebenarnya WAIFU itu.

Referensi pihak ketiga
Apa itu waifu? Menurut urbandictionary.com, which is a reliable source to anything, waifu adalah sebuah sebutan yang diberikan oleh para otaku dan weeaboo kepada belahan diri 2 dimensinya, yang biasanya berasal dari anime atau game. Waifu adalah sisi koin lain dari harem, yang berarti seorang otaku akan mencintai seorang waifu dan memperlakukannya dengan kehormatan tertinggi, bahkan menolak untuk menodainya dengan tindakan memuaskan birahi ala lelaki.
Itu menurut urbandictionary.com yaa
Tetapi itu sebenarnya dulu, dan sekarang karena banyaknya otaku belom mateng alias otaku-otakuan alias ikut-ikutan doang, bergeserlah arti waifu.
Menjadi istilah untuk menyebutkan istri namun penggunaanya sering disalahgunakan untuk menyatakan istri dalam Karakter Anime 2D. Biasanya orang yang memilih WAIFU didalam karakter anime itu adalah orang yang jones alias jomblo akut di dunia nyata atau memang ‘cinta mati’ dengan karakter anime. Hahaha. Makanya mereka beralih memilih pasangan dari yang tadinya dimensi 3D (orang asli) lalu pindah ke dimensi 2D yang itu hanya gambar dan bikinan para mangaka.
Tidak ada arti kehormatan dan lainnya, bahkan sering dijadikan objek fantasy oleh para otaku laknat karena akhirnya hanya dijadikan pelampiasan. Bahkan sekarang banyak sekali otaku yang gonta-ganti waifu loh yaa. Waifu musiman gitu, kek duren.
Tetapi sebenarnya tidak salah juga karena kata WAIFU merupakan plesetan dari kata bahasa inggris “Wife” yang artinya Istri. WAIFU didefinisikan sebagai karakter perempuan dari anime, visual novel atau game yang paling disukai dan di senangi oleh para otaku. Dipastikan juga para Otaku cowo mempunyai WAIFU. Tentu saja ini akibat dari kegemarannya terhadap anime, visual-novel, game atau pun yang lainnya.

Referensi pihak ketiga
Tetapi tahukah kalian semua bahwa sebenarnya istilah WAIFU sendiri berasal dari sebuah adegan Azumanga Daioh yaitu sebuah anime yang tayang bulan April-September tahun 2002, dimana tokoh utama anime itu, Kimura, yang seorang guru menjatuhkan sebuah foto wanita misterius di lantai kelas. Saat dimintai konfirmasi oleh para muridnya mengenai siapa jati diri wanita di foto tersebut, Pak Guru Kimura menjawabnya dengan santai “Mai Waifu”. Semenjak itulah istilah itu booming dipakai oleh para Otaku. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, pelafalan bahasa Inggris versi Jepang selalu tidak sesuai kaidah. Namun tetap saja istilah kata itu dipakai hingga sekarang.
Catatan: Kalian belum nonton animenya kan? Cih, dasar karbitan. Hahaha, canda, emang beda angkatan aja kita.

Referensi pihak ketiga
Desain karakter gambar pada anime, game atau video game juga menjadi hal utama yang membuat para Otaku menyukai WAIFU mereka. Sebagian besar mereka memilih suatu karakter sebagai WAIFU-nya karena menyukai desain karakter tersebut. Biasanya sih kaum lelaki melihat kearah fisik pada bagian tertentu yang menonjol seperti rambut, mata, hingga body karakternya yang aduhai. Memang sih memilih WAIFU dengan desain yang enak dipandang tentu menjadi keindahan tersendiri. Dengan demikian, mengumpulkan pernak-pernik yang berhubungan dengan karakter tersebut pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Referensi pihak ketiga
Dalam tingkat tertentu, layaknya istri sungguhan, para Otaku banyak yang mengabdikan diri mereka untuk sang WAIFU. Pengabdian tersebut dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada yang mulai sekedar membaca, menonton, memainkan manga/anime/video game kesukaannya di mana karakter WAIFU tersebut muncul dan sampai ada yang mengoleksi pernak-pernik karakter itu mulai dari poster, figure, dakimakura, dll. Namun ada juga yang masuk ke tingkat ekstrem yakni mereka melakukan hal-hal yang bisa dibilang “mengerikan” kepada WAIFU mereka yang lebih baik tidak dijelaskan di sini. IYKWIM.

Referensi pihak ketiga
Nah, sekarang, kenapa sih ada perang waifu?
Karena ada kata-kata ini!
Because obviously mai waifu is better than yours.
Sekaligus karena sebenarnya anime juga mirip-mirip dengan sinetron lhoo.. Bahkan dengan sinetron Indonesia!
Kok min? Sebenarnya ga mirip sinetron (gimana sih lu min).
Tetapi penceritaan yang umum lah yang menjadikannya mirip dengan sinetron Indonesia, dimana jika itu ada romance (ya kalo waifu war biasanya kan romance), biasanya akan ada korban atau orang ketiga yang tersakiti.
Bedanya dengan sinetron Indonesia adalah kualitas penceritaan yang terkesan remeh dan asal-asalan yang penting heboh dan penonton suka. Coba bandingkan dengan serial drama korea atau jepang, atau serial amerika. Beda kan? Tetapi kurang lebih penceritaan sama.

Referensi pihak ketiga
Paling kerasa sebenarnya ada di Nisekoi kalo kalian sadar, dengan cerita yang dikemas secara sederhana, dan apik malah membuatnya terkesan ga remeh atau receh. Bandingkan dengan Sinetron Indonesia.. Mengerti?
Nah, sudah kebayang dong kenapa ada waifu war?
Intinya karena ada 2 karakter yang seharusnya punya peluang memenangkan hati sang karakter cowo, tetapi terpaksa harus 1. Karena itulah sang otaku egois memaksakan kehendak mereka hingga mengata-ngatai hingga meneror dan mengancam akan membunuh sang seiyuu loh.. padahal kan ga salah:(
Pokoknya gitulah..
Udah kepanjangan ini...

FYI, ini merupakan rubrik baru dari Coretanime. Semoga para pembaca suka yaa..
Dan ini adalah artikel ketiga untuk rubrik ini!
Yatta!
Dan Juga untuk kalian yang masih belum mengerti sebuah istilah, atau punya pertanyaan seputar hal umum dan hal khusus di anime dan manga, bisa ditanyakan lewat kolom komentar.
Nanti Coretanime akan menjawabnya dengan pengetahuan dari pihak Coretanime dan tentunya pihak Google hahaha.

Referensi pihak ketiga

Terima kasih telah membaca artikel ini^^
Coret tanggapan dan pertanyaan kalian di komentar yaa^^
Terima kasih telah membaca artikel ini^^
Sumber: coret-anime.blogspot.com
Jangan Lupa Klik Suka, Bagikan dan Ikuti Yaa^^

Referensi pihak ketiga


Comments