Review One Piece Chapter 909, Pembukaan Arc Wano Yang Luar Biasa! Zoro Siap Beraksi!

Yoo.. butuh waktu yang lumayan lama sebenarnya untuk mimin mereview chapter ini. Sebenarnya masih sedikit informasi yang bisa didapatkan dari chapter ini, karena ini baru pembukaannya saja dan kemungkinan akan disela lagi sama arc reverie, atau bisa saja reverie akan dibuat nanggung dan akan terjawab seiring berjalannya cerita.
Sebelum lanjut baca, mimin mau jelaskan bahwa artikel ini mengandung spoiler untuk fans yang hanya menonton animenya saja, dan juga mengandung IMO liar dari admin. Jadi disarankan untuk stop disini jika tidak suka dengan spoiler dan IMO liar.
Sebuah pembukaan arc yang luar biasa, tetapi masih sedikit dibawah arc Wholecake menurut admin.
Butuh 87 chapter agar kita bisa melihat tim Wano, inipun belum semuanya dimunculkan. Chapter terakhir mereka muncul pada chpater 822 yang rilis secara legal pada tanggal 11 april. Wow 2 tahun 2 bulan kita tak melihatnya, dan selama itu juga mimin masih jomblo.

Mari kita bahas sedikit tentang chapter ini.
  • Kemampuan Marco

Referensi pihak ketiga
Marco, ketua divisi 1 dan tangan kanan dari mendiang Shirohige. Selama ini kita mengetahui bahwa Marco merupakan pemilik dari kekuatan buah setan tipe mythical zoan yang namanya belum diketahui tetapi wujudnya sudah, yap phoenix (kemungkinan besar Tori-Tori No Mi: Model Phoenix sih). Di arc marineford dulu, marco ini disebut-sebutkan bisa beregenerasi, tetapi tidak ditunjukkan bahwa kemampuan ini ternyata bisa untuk mengobati orang lain walaupun efeknya mungkin tidak langsung seperti Marco. Pada bagian ini juga diungkapkan bahwa kuburan mendiang Shirohige dan Ace berada disini (karena diperlihatkan bersebelahan).
Ada sedikit point yang menurut mimin sendiri akan mempengaruhi jalan ceritanya kedepan, yaitu pada ketakutan Marco akan Weevil dan si nenek peyot itu akan menyerang kampung halaman mendiang Shirohige. Sangat jelas jika Marco tidak takut dan tidak akan kalah dengan Weevil, tapi yang Marco takutkan adalah dirusaknya kampung halaman mendiang bapaknya. Sungguh berbakti sekali kau nak Marco.

  • Masa lalu Shirohige

Referensi pihak ketiga
Ga ada yang spesial dari masa lalu mendiang Shirohige ini kecuali fakta bahwa dia pernah berada dikapal yang sama dengan Bakkin si nenek peyot itu.
Kapal apa yang pernah menyatukan mereka pada 40 tahun yang lalu? Apakah sama dengan kapal bajak laut yang ditunjukkan pada chapter 576? Tidak, dia terlihat cukup muda pada saat berada dikapal itu. Berarti kemungkinan besar, mendiang Shirohige pernah pindah kapal dan bertemu si nenek peyot itu. Kapal Rox kah? Solahkan berspekulasi liar :3
FYI saja, pada Jump Festa 2018, Oda Sensei menyebutkan salah satu villain dalam arc Wano tersebut ada yang memiliki terikatan dengan karakter Yonku sebelumnya yaitu Whitebeard.
“Saya akan memperkenalkan salah satu legenda yang sering dicari-cari oleh pemerintahan dunia di One Piece. Lawan terbesar yang belum pernah ada untuk kru bajak laut topi jerami. Tentunya lawan ini sebagai salah satu penghalang jalan mereka. Mungkin lawan tersebut ada hubungannya dengan Whitebeard. Ups, sepertinya aku terlalu banyak bicara. Bisakah kalian menebak arc Marineford war ada kaitannya dengan arc ini?” Ungkap Oda pada Jump Festa 2018
Apakah karakter legenda itu salah satu kru Rox yang pernah berteman dengan Shirohige? Atau itu adalah Rox sendiri? Jika itu Rox, mungkin umurnya sudah berumur, seperti Garp atau lebih.

  • Penyamaran

Chapter 909 ini bisa dibilang merupakan chapter pelepas rindu, bak anak sd yang baru pacaran 4 hari dan udah mulai kangen-kangenan, kita sebagai fans juga merasakan hal yang sama terhadap 4 kru SHP ini. Bedanya kita sudah menunggu selama 2 tahun 2 bulan.
Keempat kru ini disuruh oleh Kinemon untuk menyamar.
  • Franky alias Frano-suke

Referensi pihak ketiga
Franky menjadi tukang kayu, tepatnya menjadi bawahannya Minatomo-san. Rambutnya kembali unik, bentuknya seperti palu. Minatomo memuji Franky atas pekerjaannya dalam membuat dinding. Lucunya, perkataan balasan Franky bernada mengejek Minatomo. Mungkin ini karena pengaruh kebiasaan Franky di Water 7 dulu. Penyamaran yang pas untuk Franky karena dia di kapal pun posisinya sebagai tukang kapal. Ini akan sangat mudah bagi Franky, mengingat juga pada saat arc Thrillerbark, dia membangun tangga dengan cepat plus dihias pula. Lol.
Catatan tambahan
Minatomo-san awalnya merupakan karakter joke yang hanya di-mention Oda di SBS. Keterangan tentangnya ada di SBS Vol 7, dimana dia merupakan tukang kayu yang rajin membetulkan pintu yang rusak / tidak diperbaiki. 
Contohnya di chapter 1, dimana Higuma menendang satu bagian pintu bar. Ketika para bandit keluar dari bar, pintu tersebut sudah terpasang kembali. Cukup hebat dia bisa sampai New World bahkan sekarang ada di Wano. Lol
  • Usopp alias Uso-hachi

Referensi pihak ketiga
Usopp yang menjadi sales minyak katak yang konon bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Usopp terlihat memakai pakaian samurai dengan 2 pedang dipinggangnya. Usopp merupakan sales yang berbakat, dengan menunjukkan pedang yang cukup tajam untuk memotong kertas menjadi banyak dan terlihat seperti salju. Setelah itu, dengan sedikit sentuhan pedangnya, lengannya mengeluarkan darah. Tapi berkat obat katak, luka tersebut langsung hilang. Ajaib! Adanya katak di atas kepala Usopp mimin rasa agar penonton makin percaya itu minyak yang berasal dari katak asli.
Apakah Usopp jujur dalam membuka lapaknya? Atau itu hanya sekedar trik?
Mimin mendapatkan sedikit refrensi yang menyebutkan, bahwa Usopp sedang menjadi "Gama Abura Uri no Koujou" (Toad Oil Salesman's Speech). Ini semacam pertunjukan jalanan tradisional dimana sang pemain sedang menjadi salesman minyak katak yang khasiatnya bisa menghentikan pendarahan akibat sabetan/goresan. Ada variasi dari pengolesan minyaknya, yaitu dioleskan ke tangan atau ke pedang. Dalam kasus Usopp, minyak dioleskan ke tangannya.
Kalian bisa cek di you tube untuk lihat videonya^^
Catatan tambahan
Usopp sangat ahli berbohong, membuat benda dan berdagang, jika kalian ingat pada arc pulau langit, dia pernah membuka lapak barter dengan penduduk langit. Usopp menukarkan karet gelang dengan Dial.
Skill berbicaranya benar-benar mumpuni jika dia dalam mode serius.
  • Robin alias O-Robi

Referensi pihak ketiga
Robin menjadi geisha. Tapi bukan Momo yahhh (Momo Geisha *tehe)
Geisha merupakan wanita Jepang yang mempelajari seni, tarian, dan nyanyian tradisional. Penampilan khasnya adalah memakai kimono, makeup, dan rambutnya bergaya shimada, yang merupakan gaya rambut khas Jepang. Robin mau gaya apapun juga tetap elegan dan cantik menurut admin :3
Robin terlihat sedang berlatih menari, diiringi dengan alunan musik shamisen, yang dimainkan oleh gurunya. Shamisen sendiri merupakan alat musik tradisional Jepang, yang khas dimainkan oleh geisha. Mirip gitar dengan pick yang besar, dan senar lebih sedikit.
Sepertinya terget Robin kali ini adalah agar dia bisa dipanggil di ruang tamu Shogun, untuk keperluan penyelidikan. Apalagi dalam tim Wano ini, Robinlah yang paling cocok menjadi mata-mata. Bayangkan jika Zoro yang jadi mata-mata..
Catatan Tambahan
Geisha bukanlah wanita psk. Banyak diantara kita yang telah salah paham dengan ini. Psk sendiri disebut dengan Oiran pada jaman Edo.
Oiran sendiri memiliki perbedaan penampilan dibanding dengan geisha, yaitu Obi atau iket pinggang kimono yang ikatannya berada didepan, pada bagian rambutnya para Oiran biasanya dihias dengan banyak hiasan sedangkan geisha tidak, serta pada bagian kaki biasanya Oiran tidak memakai kaus kaki khas jepang sedangkan geisha memakainya.
Terlihat yaa Robin merupakan Geisha murni, bukan Oiran. Tolong jangan salah paham dengan kata-kata "dipanggil ke kamar Shogun"
  • Zoro alias Zoro-juro

Referensi pihak ketiga
Zoro menjadi seorang ronin, samurai tak bertuan.
Jelas sekali, dari keempat orang yang menyamar ini, Zorolah yang mendapatkan perhatian fans. Sang wakil kapten ini tertangkap dan dituduh sebagai pembunuh jalanan yang telah membunuh 3 orang disaat malam hari, dan terlebih lagi dia dituduh sebagai pencuri makam Ryouma dan pedang Shusui pada 23 tahun lalu.
Pada review kali ini, mimin bakal sedikit berfokus pada Zoro. Karena menurut mimin, dia memegang kunci dalam arc ini, entah dalam masa lalunya atau keberhasilan melawan Kaido.
Zoro-juro, menurut admin pribadi penamaan tersebut diambil dari Matajurou alias Yagyū Jūbei Mitsuyoshi. Tokoh ini juga ada dalam game ps2, Makai Tenshou. Menurut admin jika benar masa lalu Zoro benar akan terungkap pada arc ini, mungkin kisahnya akan diangkat dari Yagyū Jūbei Mitsuyoshi ini.
Pindah ke Yagyū Jūbei, dia merupakan anak dari Yagyū Tajima no Kami Munenori, guru berpedang dari Tokugawa shōgun, terutama Ieyasu dan Tokugawa Iemitsu, yang menghargai Munenori sebagai salah satu Konselor utamanya. Telah dicatat bahwa Shogun ke-3, Iemitsu, memanggil Munenori dengan nama panggilan "Ryuutan". Nama panggilan yang dibentuk dengan mengambil satu karakter kanji masing-masing dari "Yagyuu" dan "Munenori".
Seorang ahli strategi dan politisi. Dia tidak hanya menginstruksikan banyak Daimyou dan kerabat mereka yang lebih muda di Shinkage-ryuu, tetapi dia juga mengirim murid-muridnya untuk melayani Daimyou yang berpengaruh sebagai ahli pedang. Dalam novel sejarah dan drama sejarah, dia sering dianggap sebagai plotter yang luar biasa. Ini mungkin diluar dugaan bahwa, pada awal periode Edo, seharusnya tidak mungkin untuk menaikkan kasta Klan Yagyuu ke posisi sosial seorang Daimyou yang bergaji 12.500 koku hanya dengan bersikap jujur.
Jūbei sendiri merupakan pendekar terbaik dari klan Yagyū. Dia sempat menghilang dan muncul kembali 12 tahun kemudian (hanya sedikit yang diketahui dari dia sebenarnya, bahkan kronik rahasia klan Yagyū, yang berisi bagian panjang pada banyak anggotanya, memiliki sedikit informasi yang kuat tentang Jūbei).
Jūbei juga menulis sebuah risalah yang dikenal sebagai Tsuki no Shō (月 之 抄) atau The Art of Looking at the Moon yang mengisahkan tentang sekolah ilmu pedangnya serta ajaran yang dipengaruhi oleh biksu Takuan Sōhō yang merupakan teman ayahnya. Dalam karya ini ia secara singkat memberikan petunjuk tentang keberadaannya selama ketidakhadirannya dari Kastil Edo dari 1631 hingga 1643 - menjelajahi pedesaan dalam menyempurnakan keterampilannya.
Legenda mengatakan bahwa Yagyū Jūbei hanya menggunakan satu mata; kebanyakan legenda menyatakan bahwa ia kehilangan matanya saat dalam sesi perdebatan pedang di mana ayahnya, Yagyū Munenori, memukulnya tanpa sengaja. Namun, potret dari waktu Jubei menggambarkannya sebagai memiliki kedua mata. Beberapa penulis akhir-akhir ini telah memilih untuk menggambarkan Jūbei sebagai memiliki kedua mata, meskipun tampilan "penutup mata" klasik tetap standar. Yang lain telah memilih agar Jūbei kehilangan mata sebagai orang dewasa untuk memasukkan legenda penutup mata.

Gambar hanya illustrasi
Agak sedikit mirip bukan dengan Zoro si Jūbei. Kadang Oda Sensei memang menggunakan referensi tokoh dalam dunia nyata dalam ceritanya.
Stop dulu disini, karena akan panjang pembahasan tentang Jūbei ini.
Sekarang, seperti yang sudah banyak reviewer terka-terka tentang hubungan Zoro dengan Ryouma menjadi lebih memungkinkan.
Bagaimana jika Ryouma setidaknya memiliki hubungan dengan Zoro. Atau bahkan memiliki hubungan darah.
Kita semua mengetahuinya bahwa Ryouma merupakan samurai kuat dari Wano, dan dia pun berhasil membunuh naga menggunakan pedang legendari Shusui. Tetapi hanya itu yang kita ketahui tentangnya. Bagaimana jika dia benar-benar orang penting seperti tuan tanah mungkin, atau lainnya. Lagipula julukannya Ryuma de King yang sebenarnya diberikan oleh orang-orang yang diselamatkannya. Jika itu semua benar, mimin yakin 60%, tidak... 80% bahwa Zoro punya hubungan dengan Ryouma.
Ryouma hilang pun pada 23 tahun yang lalu, jika usia matinya pada umur lebih dari 20 tahun, maka sekarang umurnya sekitar 40-50 tahunan. Jadi kalau punya hubungan darah , kemungkinan Zoro adalah anak dari Ryouma , Karena menghilangnya Ryouma sudah selama usia Zoro . Kemungkinan sewaktu dulu setelah Zoro lahir , kapal Ryouma diserang , lalu Zoro ditaruh di suatu tempat , entah dititipkan (mungkin dititipkan kepada pelatihnya dulu di dojo) ataupun di tinggalkan untuk menyelamatkan nyawanya.
Catatan tambahan
Zoro sekarang berumur 21 tahun.

  • Wano

Referensi pihak ketiga
Pada chapter kali ini, Wano diperlihatkan sebagai negara yang kental akan budaya Jepang pada masa Ke-shogun-an, terlihat pula ada bonsai raksasa dengan bangunan Jepang tradisional, gapura kuil aka Torii yang memang khas Jepang banget, bunga sakura yang berguguran dan iringan musik Shamisen.
Tunggu, Sakura? Ingat dengan Dr. Hiluluk? Dia diceritakan waktu sakit dulu pernah mengunjungi negeri dan menemukan/melihat bunga sakura? Jika sakura hanya tumbuh di Wano, kemungkinan besar Dr. Hiluluk pernah ke Wano. Apakah ini hanya Easterr Egg atau memang ada hubungannya dengan cerita untuk kedepannya?
Silahkan berspekulasi sendiri :3

Sekian Review dari mimin. Panjang? Memang.
Ada komentar atau tambahan atau punya opini lainnya? Coret aja dikomentar yaa, nanti kita diskusi bersama^^
Nb: Mimin tidak mendukung teori tentang mata Zoro yang katanya mempunyai kekuatan tersembunyi. Mimin lebih mendukung teori Ryouma memiliiki hubungan dengan Zoro.
Terima kasih Elex Media, wikipedia, Shueisha, Oda Sensei dan Pembaca sekalian^^
Sumber tulisan: Pendapat pribadi.

Comments