Manga Tokyo Ghoul: Re TAMAT! Beginilah Akhir Kisah Kaneki Dan Para Ghoul Lainnya!

Sebelum menulis lebih lanjut, mimin Coretanime mau berterima kasih untuk Sui Ishida Sensei yang telah menulis, menggambar dan membuat kisah luar biasa ini. Sekarang Sui Ishida Sensei bisa beristirahat dan menikmati hasil jerih payahnya, serta memikirkan sebuah projek lanjutan ataupun projek barunya nanti.
3 minggu lalu, saat manga ini mengumumkan akan tamat, mimin sudah menulis artikel berjudul "Manga Tokyo Ghoul Akan TAMAT, Akankah Kaneki Menghilang? 3 Chapter Terakhir!"
Ternyata kisah akhirnya tidak sesuai dengan yang mimin prediksi tetapi sesuai dengan yang mimin harapkan. Lalu apa yang terjadi dengan Kaneki dan yang lainnya? Akhirnya sih agak sedikit klise, namun sangat happy ending seakan semua rasa sedih kita ketika membaca Tokyo Ghoul terbayarkan.

Referensi pihak ketiga
  • 6 Tahun Telah Berlalu

Referensi pihak ketiga
Setelah Dragon War terakhir yang dimenangkan oleh aliansi manusia dan juga Ghoul, enam tahun berselang setelah kejadian tersebut.
Meskipun begitu, perang belum benar-benar berakhir, mahluk yang keluar dari tubuh Dragon, yang disebut Anak Kurang Ajar itu masih ada di beberapa wilayah.
Karena hal tersebut, tujuan utama dari para manusia sudah tidak memburu Ghoul lagi, namun mencari sisa-sisa Anak Kurang Ajar dan akan menghabisi mereka.
  • Dunia Menjadi Damai

Referensi pihak ketiga
Dunia menjadi damai, atau setidaknya seperti itu. CCG dan Ghoul berdamai karena aliansi sebelumnya untuk melawan Dragon. CCG sudah tidak ada lagi, dan dibentuk organisasi baru yaitu TSC (Tokyo Security Committee), yang mana anggotanya adalah setengah dari mantan CCG dan beberapa Ghoul yang cukup berpengaruh.
Ghoul itu seperti Shuu Tsukiyama yang menjadi pemimpin Tsukiyama Group terbaru. Nishiki Nishio menikah dengan Kimi, akhirnya Nishio juga bekerja dengan Kimi untuk membantu penelitiannya, terutama untuk penelitian daging buatan bagi para Ghoul.

Referensi pihak ketiga
  • Shinohara Bangun

Referensi pihak ketiga
Ini merupakan bagian paling menyentuh. Shinohara dan Juuzo bisa dibilang memiliki hubungan khusus, seperti ayah dan anak. Juuzo telat menyadari keberadaan Shinohara dan menyesalinya, tetapi dia perlahan memantapkan hatinya hingga sedikit-sedikit berubah menjadi lebih dewasa dan menjadi anak yang bertanggung jawab. Semua ajarannya dari Shinohara dilaksanakan oleh Juuzo.
Hasil dari Dragon War enam tahun lalu adalah ditemukannya teknologi regenerasi dalam operasi kesehatan. Karena hal itu, Shinohara bisa bangun lagi dan sadarkan diri.
Tentu saja hal itu sangat mengejutkan bagi Suzuya, karena dia sendiri sudah tidak yakin apakah figur ayah baginya itu bisa kembali membuka matanya.

Referensi pihak ketiga

Referensi pihak ketiga
  • Alumni Quinx Squad

Referensi pihak ketiga
Sebagai mantan tim Kaneki saat di CCG, tentu saja para alumni Quinx Squad juga mendapatkan kedamaian, terlebih mereka cukup berperan di Dragon War.
Sebagian besar dari alumni Quinx Squad kembali bekerja di TSC, seperti Urie, Saiko, dan Hsiao.
Dan anggota lainnya memilih jalan hidup yang berbeda, seperti Mutsuki, Hogi dan Aura yang bekerja di luar kota sebagai Investigator, dan memilih untuk tidak berhubungan dengan TSC, mungkin masih merasa bersalah dengan pengkhianatan mereka kepada CCG dulu.
Sementara itu Touma Higemaru berada diantaranya, yaitu profesi yang menghubungkan kerja sama baik antara TSC, dengan petugas pelindung sipil seperti kepolisian dan pemadam kebakaran.
  • Ayato dan Hinami

Referensi pihak ketiga
Ayato dan Hinami sering sekali dipasangkan oleh penggemar. Mimin sebagai penggemar dari Hinami setuju-setuju saja jika dipasangkan dengan Ayato, selain kuat dan bisa melindungi Hinami, Ayato juga merupakan karakter yang berkembang kearah yang lebih baik. Pertumbuhan karakternya dalam manga dinilai sangat baik oleh penggemar.
Lagipula Ayato adalah adik kandung dari Touka dan Hinami merupakan sosok adik bagi Kaneki dan Touka.
Saat ini, Ayato Kirishima bekerja di tempat Tsukiyama atau United Front untuk menjaga kedamaian Ghoul dan manusia. Sementara Hinami menjadi guru baca dan tulis bagi anak-anak yatim piatu di United Front. Dijelaskan juga bahwa Hinami yang lebih sering meminta Ayato untuk menemaninya belanja atau pergi ke sana kemari
  • Ghoul Yang Memberontak/melawan

Referensi pihak ketiga
Seperti yang mimin bilang diatas, dunia menjadi damai atau setidaknya menjadi damai. Karena banyak juga ghoul yang memilih jalan hidup mereka seperti dulu. Munkin mereka berpikir "Untuk apa gua duduk ditempat yang sama dengan makanan gua dengan derajat yang sama"
Seperti Shikorae yang semakin brutal dan mengerikan baik dari segi penampilan dan kemampuan.
Disisi lain, ada Takizawa. Dia sangat menyedihkan, Mantan Investigator yang dijadikan Ghoul secara paksa dan saat ini tidak diketahui keberadaan pastinya.
Kurona pergi ke Eropa. Tenang, dia juga meninginkan perdamaian, karena itu dia di sana untuk membunuh para Ghoul yang tidak ingin bekerja sama dan berdamai dengan manusia.
Sedangkan, Hakatori membangun sebuah organisasi bagi para Ghoul yang masih belum bisa bekerja sama dengan para manusia.
Mungkin hal ini masih sulit diterima oleh para ghoul, terutama ghoul yang memang dari awal sudah didik atau berpikiran bahwa berdamai dengan manusia adalah hal yang salah.
  • Kaneki dan Touka Beserta Putrinya

Referensi pihak ketiga
Ga apdol jika tidak membahas hero dan heroine dalam seri ini disaat seri ini sudah tamat.
Kaneki akhirnya bisa hidup bahagia bersama dengan keluarga kecilnya.
Touka melahirkan seorang putri yang cantik, penggambarannya mungkin wajah yang mirip Touka (mata seperti Kaneki), dengan rambut putih dan hitam di bagian puncak seperti Kaneki saat masih menjadi Haise dulu.
Kaneki memiliki bekas luka di wajah yang masih bertahan sejak Dragon War. Keluarga kecil itu terlihat bahagia sekali, dan teman-teman mereka mulai dari mantan anggota Goat hingga alumni Quinx Squad yang bekerja di TSC sering datang berkunjung.
Tidak hanya karena Kaneki memiliki andil besar dalam Dragon War, namun Kaneki dan Touka juga berjasa bagi beberapa karakter tersebut.
Sialnya, nama putrinya tidak diberitahukan. Mungkin akan muncul dalam spin-off atau extra chapter. Karena sedikit nanggung jika tidak diketahui nama putrinya.
  • Tamat

Referensi pihak ketiga
Tamat. Memang sedikit sedih saat tau bahwa manga sebagus ini sudaht tamat. Tetapi lebih baik seperti ini daripada ditunda dan ceritanya akan sangat melenceng dari konsep aslinya. Mimin rasa tamatny sudah pas, hanya angka chapternya saja kurang gimana gitu, 179.
Semoga saja akan ada Spin-off tentang anaknya Kaneki dan Touka atau tentang Amon dan Akira yang tidak diketahui sedang berada dimana.

Referensi pihak ketiga
Mungkin siluet ini merupakan Akira dan Amon, mereka memutuskan hidup berdampingan tanpa mempermasalahkan Amon yang sudah menjadi Ghoul. Lagipula Amon hanya menjadi setengah ghoul, sama seperti Kaneki. Memungkinkan jika menikah, tidak akan terjadi apa-apa karena pada dasarnya mereka berdua memang manusia (Amonnya). Berbeda dengan Kaneki dan Touka yang pada dasarnya Kaneki seorang manusia dan Touka yang seorang ghoul dari lahir.

Itulah akhir dari cerita Tokyo Ghoul: Re.
Sangat disayangkan bahwa animenya lebih buruk dari manganya.
Admin Coretanime sendiri telah mengikuti dari awal manganya hingga dijadikan anime.
Cerita ini mengangkat isu-isu sosial seperti diskriminasi sosial, ekstrimisme, serta toleransi & prasangka negatif antar golongan.
Sekali lagi, Terima Kasih Sui Ishida Sensei atas kerja kerasnya.

Referensi pihak ketiga
Dan Juga Terima Kasih Telah Membaca artikel ini.
Sumber gambar: Shueisha, Weekly Young Jump

Comments