Mengetahui Apa itu Quirk dan Ketiga Jenis Quirk

Quirk adalah kemampuan khusus pada manusia yang membuatnya bisa melakukan/memiliki kekuatan super.
Quirk sangat unik untuk setiap masing-masing pengguna, bahkan walaupun quirknya diturunkan oleh orang tuanya, tetap saja mekanisme dan kemampuannya ada yang berbeda.
Referensi pihak ketiga
Orang pertama yang memilki quirk berasal dari Qingqing, dia saat itu baru lahir dan memancarkan cahaya dari tubuhnya. Setelah kejadian itu, banyak yang lahir dengan memiliki quirk diseluruh dunia. Sementara, fenomena munculnnya quirk masih belum diketahui, ada teori yang mengatakan bahwa penyebaran virus yang dibawa oleh tikus lah yang menyebabkan ini terjadi. Hingga saat ini, 80% populasi manusia memiliki quirk.
Pada awal era manusia memiliki quirk, para polisi sangat kewalahan dalam mengatur dan mempriotaskan keadaan. Akhirnya diputuskanlah bahwa quirk harus didaftarkan dan tidak boleh digunakan sebagai senjata. Pada saat itu, muncul profesi yang melawan kejahatan, pahlawan mulai ada. Pahlawan awalnya ilegal dan sangat dikritik karena menghakimi bahkan membunuh tanpa dasar hukum tertulis. Seiring berjalannya waktu, muncul pahlawan yang meminta dukungan publik dan mempublikasikan dirinya sebagai pahlawan profesional yang bertindak secara moral dan menjunjung hukum.
Berikut ini merupakan jenis-jenis quirk
  • Emitter
Emitter merupakan jenis quirk aktivasi. Jenis quirk ini memungkinkan pemilik kemampuan untuk mengeluarkan zat tertentu atau mengubah materi disekitarnya.
Para pemilik kemampuan ini harus secara sadar dalam menggunakan kemampuannya, seperti quirk Electrification milik kaminari Denki, atau Explosion milik Bakugou. Bahkan beberapa harus melakukan konsentrasi yang berlebih untuk mengaktifkannya, seperti quirk erasure miliki Aizawa Shota.
Keunikan quirk tipe emitter ini merupakan jaraknya yang beragam, ada yang sangat jauh dan bahkan harus melakukan kontak fisik. Contohnya seperti quirk zero gravity milik Uraraka Ochako yang harus menyentuh objek atau targetnya agar bisa mengaktifkan quirknya tersebut, dan ada juga yang sangat jauh seperti quirk navel laser milik Aoyama Yuga.
Quirk ini pun memiliki kelemahan yang sangat fatal, yaitu efek pemakaian yang berdasarkan durasi atau waktu dan memungkinkan untuk melemahkan efek mereka seperti yang terjadi pada Aizawa pada saat melawan banyak penjahat pada saat akan simulasi bencana alam. Bahkan ada juga quirk yang langsung mengenai atau berefek pada penggunanya seperti quirk electrification milik kaminari Denki yang menyebabkan arus pendek pada otaknya, quirk navel laser milik Aoyama Yuga jika digunakan akan menyebabkan sakit perut, quirk Zero Gravity milik Uraraka Ochako yang menyebabkan rasa mual dan salah satu yang fatal merupakan quirk explosion milik Bakugou yang bisa menyebabkan robeknya jaringan otot dan juga quirk yang tersimpan pada one for all (sementara ini disebut dengan Superpower) milik All Might serta Midoriya yang menyebabkan rusaknya tubuh karena ledaknya kekuatan yang tersimpan.
Referensi pihak ketiga
Emitter merupakan jenis quirk paling umum.
  • Transformation
Jenis quirk yang memungkinkan penggunanya dalam melakukan perubahan sementara. Quirk ini memungkinkan penggunanya untuk merubah sifat tubuh mereka seperti quirk hardening milik Kirishima Eijiro, dan Steel milik Tetsutetsu Tetsutetsu, dan juga ada yang menambah hal baru ke tubuh seperti quirk Dark Shadow milik Tokoyami Fumikage.
Quirk jenis ini biasanya mengharuskan penggunanya untuk bertarung dalam jarak dekat, serta penggunaannya yang harus dilakukan dalam keadaan sadar. Tetapi ada beberapa orang yang bisa menggunakannya secara reflek.
Kelemahan terburuk dari quirk jenis ini adalah kesederhanaanya serta keunikan masing-masing quirk. Seperti quirk steel milik Tetsutetsu Tetsutetsu yang kekerasannya berdasarkan zar besi pada tubuhnya dan jika digunakan terus menerus akan membuat dia kekurangan zat besi, dan quirk hardening milik Kirishima Eijiro yang melambatkan pergerakannya karena mengeras bagian sendinya dan bahkan membuat dia tidak dapat bergerak. Walaupun quirk mereka hampir sama, tetapi kelemahannya berbeda.
Karena jenis quirk ini menggabungkan mutasi dan aktivasi, membuat quirk ini menjadi quirk yang paling tidak umum.
  • Mutant
Jenis quirk ini membuat penggunanya dapat dengan mudah dikenali quirknya dari awal. Quirk jenis ini memiliki berbagai fungsi tergantung setiap individunya, dan quirk jenis ini juga aktif secara pasif alias selalu muncul.
Jenis quirk ini menciptakan struktur tubuh yang lebih unik dibandingkan jenis lainnya, beberapa ada yang memberikan anggota tubuh baru untuk meningkatkan mobilitas mereka seperti quirk tail milik Ojiro Mashirao, beberapa ada yang meningkatkan kemampuan yang sudah ada seperti quirk engine milik Tenya Iida.
Referensi pihak ketiga
Bahkan ada beberapa quirk jenis ini yang bisa memiliki kemampuan jenis lain seperti quirk earphone jack milik Kyoka Jiro yang memiliki kemampuan quirk jenis emitter juga.
Referensi pihak ketiga
Kelemahan quirk ini yaitu tidak dapat dinonaktifkan yang menyebabkan ketidaknyamanan pemiliknya, seperti quirk tail milik Ojiro Mashirao yang membuat dia sulit duduk, serta quirk invisibility milik Toru Hagakure yang membuat dia sulit melihat bayangannya sendiri dan difoto.
Quirk jenis ini adalah quirk yang paling mungkin untuk diturunkan.

Comments